Yuk Buka Franchise Jajanan Tempo Dulu

Masih ingatkah Anda ketika masih kecil dibelikan jajanan tradisional daerah, seperti kue cucur, es potong, dan masih banyak lagi. Mungkin Anda kangen merasakannya kembali, sayang sudah banyak yang sulit dijumpai. Kalau Anda punya insting bisnis yang tinggi, maka kondisi ini bisa dijadikan peluang untuk mengembangkan usaha franchise jajanan. Anda mau tau bagaimana caranya?

Apa Saja Produk Franchise Jajanan Yang Akan Laku?

Franchise JajananAda beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan, Awali dengan menginventarisir apa saja jajanan di nusantara yang sudah punah atau sulit ditemui saat ini, lalu lihat bagaimana sejarahnya dahulu, apakah merupakan jajanan favorit atau tidak, lanjutkan dengan memilih beberapa yang cocok untuk dijadikan produk usaha Anda.

Pertama, Anda bisa memilih jajanan berdasarkan rasa, manis atau pedas. Untuk yang manis contohnya gulali, klepon, kue cucur, rangi, atau bisa Anda sesuaikan dengan daerah tempat Anda akan mengembangkan usaha. Lalu lanjutkan dengan proses pembuatannya, apakah sulit atau tidak. Lalu lanjut kepada survei pasar, dimana Anda bisa bertanya kepada orang tua yang tahu bagaimana dulu eksistensi dari produk yang akan dijadikan franchise jajanan nantinya.

Kedua, Anda bisa memilih berdasarkan bentuknya. Biasanya jajanan pasar yang dirindukan banyak orang adalah yang bentuknya khas, dan mudah dikonsumsi. Seperti misalnya botok yang dibungkus daun pisang, tom tahu dan tom ayam. Atau kue putu mayang yang bentuknya seperti mie dengan rasa yang legit dan sedap. Anda bisa memilih yang unik dan menarik, tapi jangan takut untuk memodifikasinya sesuai perkembangan zaman.

Ketiga, Anda bisa memilih berdasarkan survei kecil-kecilan yang bisa Anda lakukan. Dari sana bisa diketahui jajanan apa saja yang memang sangat enak dan masih ditunggu kehadirannya oleh masyarakat, sebab saat ini sudah sangat jarang ditemukan, baik di pasar tradisional apalagi di mall dan pusat perbelanjaan.

Bagaimana Agar Franchise Jajanan Berumur Panjang?

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, Anda harus punya strategi hampir sama dengan strategi bisnis kuliner pada umumnya. Yaitu dengan menjaga empat hal yaitu konsistensi rasa, bentuk, ukuran, dan harga. Karena, kelebihan suatu produk makanan adalah bagaimana pengusaha bisa memastikan produknya tetap sama dari awal menjual hingga saat ini. karena produknya adalah franchise jajanan tempo dulu, tentu Anda harus tahu dulu bagaimana rasa asli dari jajanan tersebut, sehingga saat memproduksinya secara massal, Anda mendapatkan poin penuh untuk empat hal diatas.
Kalau Anda benar-benar fokus menjalankan usaha franchise jajanan tempo dulu, maka Anda bisa menjadi salah satu orang yang akan jadi panutan, karena berhasil mengembalikan era kuliner tempo dulu yang sempat hilang. Yang paling utama adalah bagaimana Anda bisa konsisten menjalankan usaha dengan menerapkan strategi bisnis yang bukan sekadar berorientasi keuntungan, namun juga kepada kepuasan pelanggan.