Membuka Usaha Takoyaki

Tentu sudah banyak yang tau tentang takoyaki. Ya, makanan mungil yang terbuat dari tepung dengan pengolahan yang sempurna serta di bentuk dengan bulatan – bulatan pingpong yang kemudian di rangkai dalam tusukan sebagaimana sate. Semakin menambah kenikmatan dari rasa takoyaki sendiri. Belum lagi takoyaki di taburi dengan bubuk rumput laut dan ikan tuna, sebagai penambah lezat rasa khas makanan dari jepang ini.

Takoyaki sekarang sudah tidak hanya di kenal hanya di Negara jepang saja. Melainkan sudah beredar ke penjuru dunia. Termasuk Indonesia. Membuka usaha dengan berjualan Takoyaki  biasa menjadi pilihan sebagai penghasil rupiah. Belum lagi ketika kita hendak membuka usaha berjualan takoyaki, tidak perlu mengeluarkan uang bermilyar milyar banyaknya. Karena dengan 1 jutaan kita sudah bias membuka usaha ini. Nah, lantas apa sajakah yang dibutuhkan dalam membuka usaha berjualan Takoyaki?

Berikut kami jelaskan hal-hal yang perlu disiapkan dalam membuka usaha berjualan takoyaki.

  • Survey lokasi jualan

usaha takoyakiPertama, hendaklah kita survey terlebih dahulu dimana kita akan berjualan takoyaki. Dengan mempertimbangkan keramaian dan strategisnya tempat berjualan kita. Namun, usahakanlah berjualan ditempat-tempat yang digunakan sebagai tempat nongkrong, bersantai dan berjalan kaki. Jangan di jalur yang banyak orang berkendara.

  • Siapkan gerobak jualan takoyaki yang menarik

Kedua, setelah menetapkan tempat yang akan kita gunakan untuk berjualan Takoyaki, maka hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah gerobak untuk berjualan takoyaki. Hias dan bentuklah gerobak yang kita gunakan berjualan semenarik mungkin. Karena pandangan pertama itu dapat menarik konsumen untuk mencicipi apa yang kita jual. Namun juga perlu diperhatikan adalah kebersihan gerobak itu sendiri.

  • Siapkan semua bahan baku dan peralatan jualan takoyaki

Ketiga mulailah untuk mengolah bahan-bahan takoyaki. Nah apa sajakah bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat Takoyaki? Berikut penjelasannya.

  1. Premix Takoyaki, Premix Takoyaki adalah terigu khusus untuk membuat Takoyaki. Agar mendapatkan Takoyaki yang sama dengan Takoyaki dinegara asalnya, maka tepung ini sangat diperlukan. Dan hindari menggunkan  tepung lain. Untuk harganya, Premix Takoyaki cukup murah. Sekitar  Rp 100.000 per Kilogramnya. Selain itu, 1 Kg Premix Tokyaki dapat menghasilkan 500 lebih takoyaki. Murah bukan.
  2. Saos Takoyaki, Saos takoyaki pada dasarnya terbuat dengan campuran alcohol. Saran saya, carilah saos takoyaki di Indonesia saja. Tak perlu impor. Karena memperhitungkan kehalalan takoyaki yang kita jual. Apa lagi di Negara Indonesia ini, mayoritas penduduknya beragama islam. Maka menjual makanan halal lebih menguntungkan ketimbang makanan haram. Mengenai harga, saos takoyaki seharga Rp 300.000 per 6 liter.
  3. Katshuo Bushi, katshuo bushi terbuat dari ikan tuna. Tentu sudah jelas akan kehalallannya. Cara pemakainanya dengan menaburkanya  pada takoyaki yang baru saja matang. Dan penaburannya disertakkan dengan menaburkan aonori.  Untuk harga katshuo bushi sendiri yaitu Rp 275.000 per Kg.
  4. Aonori, bahan yang terakhir adalah aonori yang terbuat dari rumput laut. Untuk penyajiannya sama dengan katshuo. Yakni dengan menaburkanya pada atas takoyaki yang baru saja matang. Mengenai harga, aonori ini dihargai Rp 95.000 per 100 gram. Nah guys, sangat mudah kan membuat  takoyaki? Serta dengan melihat harga bahan dan mudahnya menemukan bahan untuk membuat takoyaki, tentu usaha berjualan takoyaki ini bisa menjadikan usaha yang menjanjikan. Terutama sebagai mesin pencetak uang rupiah.

Dinegara asalnya, takoyaki terkenal sebagai makanan ringan yang lezat serta murah. Yang biasanya di jual di pinggir jalan. Dengan harga murah tetap menjaga kelezatan rasanya.