Mengenal Takoyaki Jepang

Nah teman-teman, nama takoyaki sebenarnya sudah tidak asing lagi kita dengar. Bahkan kabar yang beredar makanan yang berasal dari negeri jepang ini sangat enak untuk di konsumsi. Nah kira-kira apa ya takoyaki itu? Yuk kita bahas seputar takoyaki. Takoyaki adalah makanan yang dibentuk bulat-bulat kecil dengan isi daging guruta, taburan daun rumput laut serta daging tuna. Takoyaki berasal dari kota Osaka tepatntya di daerah kansai Negara jepang.  Takoyaki memiliki diameter kurang lebih 3-5 cm. Karena takoyaki berasal dari Osaka, tak heran jika kota Osaka disebut pula sebagai pusat takoyaki.

bisnis takoyaki jepangDahulu kala, pada zaman Taisho, banyak di jumpai kios – kios yang menjual Choboyaki dengan bentuk goreng tepung dengan isi Choboyaki yang selanjtnya menjadi cikal bakal terciptnya takoyaki.

Kemudian Choboyaki berkembang menjadi Rajioyaki yang berisi dengan urat sapid an daging-daging murah lainya. Alas an utama makanan tersebut dinamakan Rajioyaki dikarenakan bentuknya yang unik, dengan mengambil tema bulat – bulat yang saat itu menyerupai tombol radio transistor.

Rajioyaki pun mulai berkembang dan semakin banyak kios – kios yang menjualnya. Hingga tiba pada tahun 1933, berdiri sebuah kios dengan nama Aizuya yang menjual evolusi rajioyaki dengan isi daging sapi, yang kemudian berubah nama menjadi Nikuyaki.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1935, kios Aizuya mengambil tema berbeda. Dengan menjual Nikuyaki dengan isi daging Gurita. Nah inilah cikal bakal Takoyaki yang kita kenal sampai saat ini.  Dengan melambungnya pesanan dan banyaknya orang yang menginginkan memakan takoyaki, pada tahun 1990 – an jepang mengalami demam Takoyaki dengan munculnya kios Takoyaki yang bernama kyotako di daerah shibuya. Kemudian di tahun 2000 munculah kios takoyaki yang bernama Gindako, dan kios inilah yang sekarang ini telah memiliki cabang di seluruh jepang. Bahkan dari kios inilah untuk pertama kalinya muncul makanan ringan dengan rasa takoyaki.

Dalam hal penyajian, ternyata Takoyaki pun mengalami perubahan teman-teman. Pada awal perkembangannya. Takoyaki disajikan dengan menusukkan bambu ke Takoyaki. Dan dalam satu tusukan, berisi tiga sampai empat buah takoyaki. Namun sekarang, takoyaki di sajikan tanpa ditusukkan serta dalam satu porsi berisi delapan sampai sepuluh buah takoyaki. Serta disiapkan dubuah tusuk gigi untuk meakan takoyakinya. Hal ini dikarenakan lunaknya takoyaki maka penjual menyiapkan dua tusuk gigi untuk menjepitnya.

Ternyata takoyaki ini memiliki banyak jenisnya. Salah satunya adalah Takoyaki polos. Yaitu takoyaki yang dalam penyajiannya tidak menggunakan saos. Melainkan hanya menggunakan kecap asin saja dan terkadang hanya dimakan dengan menggunakan ponzu atau garam kasar.  Jenis selanjutnya adalah Takoyaki kecap asin. Yakni takoyaki yang hanya dimakan dengan menggunakan kecap asin saja. Dan takoyaki jenis ini dapat kita jumpai di daerah Nagoya dan sekitarnya saja.

Kemudian ada pula jenis takoyaki saus. Yakni takoyaki yang permukaanya di olesi dengan saos, kemudian ditambah dengan mayones, aonori serta katshuobushi.

Jenis selanjutnya adalah Takoyaki dengan nama Akashimaki atau Tamagoyaki. Jenis takoyaki ini adalah jenis takoyaki yang terbuat dari tepung terigu yang diencerkan dengan menggunakan telur ayam dan dashi. Serta dalam penyajiannya Tamagoyaki di sajikan dengan meletakkannya sejajar diatas piring, kemudian memakannya dengan mencelupkannya kedalam shup berbahan dasar dashi.

Itulah tadi seputar Takoyaki teman-teman. Ternyata takoyaki tidak hanya enak. Tetapi juga memiliki sejarah yang panjang ya. Serta banyak jenisnya dan cara penyajiannya yang bermacam – macam. Jadi yuk buruan beli takoyaki dan rasakan lezatnya memakan takoyaki.