Tips Pintar Memulai Bisnis Takoyaki

Nah teman-teman semua, tentunya sudah tidak asing lagi dengan cemilan khas dari jepang ini. Takoyaki makanan yang enak dan dapat dikonsumsi semua umur ini biasanya di jual di pinggir jalan. Di Negara asalnya, takoyaki termasuk makanan favorit sebagai jenis makanan cemilan yang enak dan murah. Bagi yang belum tau seperti apa Takoyaki itu, saya akan gambarkan bahwsanya Takoyaki berbentuk bola-bola kecil ditusuk sebagaimana sate. Biasanya dalam satu tusukan berisi tiga sampai empat bola Takoyaki.

bisnis takoyakiSekarang ini, Takoyaki tidak hanya di kenal dan digemari di Negara asalnya saja. Melainkan sudah menjadi makanan favorit kelas internasional. Begitu pula di Indonesia. Bahkan berbisnis Takoyaki sekarang ini sudah mulai menjanjikan. Nah bagaimanakah seharusnya memulai bisnis Takoyaki itu? Berikut kami akan berikan cara memulai bisnis Takoyaki di Indonesia.

Cara memulai Bisnis Takoyaki

Pertama yang harus disiapkan adalah gerobak untuk berjualan Takoyaki. Kenapa kita membutuhkan gerobak? Karena Takoyaki ini termasuk makanan berjenis cemilan dan memang dari dulu biasa di jual di pinggir jalan, maka gerobak sangat penting untuk dimiliki. Selain itu, gerobak lebih simple serta elastic ketimbang kios. Belum lagi gerobak lebih murah ketimbang membuat kios atau warung makan Takoyaki.

Kedua, setelah  memiliki gerobak untuk berjualan, saatnya kamu untuk membeli percetakan yang akan digunakan untuk memasak Takoyaki. Cetakan Takoyaki cenderung murah. Berkisar Rp 60.000 –an. Nah dengan harga cetakan yang begitu murah, berbisnis takoyaki tak perlu membuatmu mengeluarkan banyak uang untuk memulainya.

Selanjutnya ketika kedua hal diatas telah terpenuhi, sekarang saatnya untuk kalian mulai membeli bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat Takoyaki. Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat Takoyaki:

Premix Takoyaki

Adalah sarinya tepung takoyaki. Dengan menggunakan minimal 1 kg premix takoyaki, dapat menghasilkan 520 biji takoyaki. Nah begitu murah kan guys? Karena hanya menggunakan 1 kg saja kita sudah bias menghasilkan 500-an buah takoyaki. Bayangkan jika lebih dari 1 kg premix takoyaki? Tentunya akan semakin menghasilkan takoyaki lebih banyak lagi. Untuk harga premix takoyaki sendiri, per 1 kilogramnya di jual sekitar 100.000. tentunya harga tersebut lumyan murah dengan hasil yang akan didapatkan.

Saos Takoyaki

Khusus untuk saos, sebisa mungkin teman-teman jangan import. Dan membeli kepada agen takoyaki terpercaya. Kenapa demikian? Saos takoyaki pada dasarnya dicampuri dengan alcohol. Agar takoyaki yang kita buat benar-benar sebagai makanan halal yang digemari warga Indonesia. Dalam mempertimbangkan kehalalan makanan ini sangat di perlukan. Terlebih penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Maka makanan halal lebih populer ketimbang yang haram. Kemudian untuk masalah harga, saos takoyaki juga terbilang murah.  Yakni Rp 300.000 mendapatkan 6 liter.

Katshuo bushi/ Hana Katshuo bushi / bonito flakes.

Berfungsi sebagai penyedap takoyaki. Dan diletakkan dengan cara di taburkan diatas takoyaki yang sudah jadi. Nah untuk bahan yang satu ini biasanya di hargai Rp 275.000 per 1 kg

Aonori / Nori Bubuk

Bahan takoyaki yang terakhir ini terbuat dari rumput laut. Sudah tentu halal. Dan tak perlu ragu lagi untuk membelinya. Kemudian pemakainya juga sangat irit. Lebih baik diikutkan dengan katshuo dengan cara ditaburkan. Untuk masalah harga, aonori terbilang sangat murah. Hanya dengan Rp 95.000 per 100 gram

Nah bagaimana teman-teman? Tertarik untuk berbisnis Takoyaki bukan? Yuk buruan laksanakan dan mulai berjualan takoyaki.